Jumat, 11 November 2011

Cita Rasa Hidup

ya.. syabab... diperlukan keyakinan kuat agar hati kita mampu menangkap sinyal-sinyal hikmah, diperlukan keluasan ma’rifah agar pikiran kita mampu menerjemahkan setiap peristiwa dan diperlukan bashirah yang tajam agar diri mampu melahirkan keputusan bijak. sangat bijak.

kehidupan, kematian, limpahan rezeki dan jodoh adalah rangkaian ‘misteri’ yang telah digariskan-Nya. Dia yang menentukan. tidak berhak sedikit pun kita mencampuri segala kehendak-Nya. apalagi memaksakan kehendak. kita hanya diperintahkan untuk memaksimalkan potensi ikhtiari manusiawi. ikhtiar demi meraih yang terbaik. keyakinan sebagai sumber kekuatan. ma’rifah sebagai modal dan bashirah sebagai wasilah.“Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri… (QS. Ar Ra’d: 10)”

hidup ini penuh kejutan. banyak hal yang sebelumnya tidak pernah terlintas dalam pikiran kita, namun terjadi begitu saja. suka atau tidak suka. pun begitu sebaliknya, banyak hal yang selalu kita pikirkan, khayalkan sedemkian rupa sehingga tumbuh menjadi harapan, namun hal itu tidak pernah terjadi. mungkin tidak sedikit juga harapan kita sesuai dengan kehendak-Nya. sesungguhnya Allah swt punya kehendak yang tidak pernah bisa dijangkau mahluk-Nya. Allah swt paling tahu yang terbaik bagi kita. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui" (QS. Al Baqarah : 216). unik memang. namun itulah cita rasa hidup. yang membuat hidup kita penuh fantasi full hikmah. sedih, senang, haru, rindu, marah, dan rasa cinta adalah adalah buah dari kejutan bergelimang fantasi yang dirancang dengan skenario Maha Dahsyat.

misteri datangnya azal -kematian- akan ‘memaksa’ kita untuk tetap waspada. Berazzam diri tuk senantiasa istiqomah dalam kebaikan. tujuannya satu, harapannya satu agar meraih husnul khotimah.

be continued....

Biarkan kehendak-Nya yang berjalan.... Allahu’alam

Tidak ada komentar: